UPTD BLK PASBAR BERI PEMBEKALAN KETERAMPILAN KEPADA MASYARAKAT

Uncategorized248 Dilihat

 

Sumbar, Indoviral.id –
Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Dinas Ketenagakerjaan dan UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Pasbar memberikan pembekalan keterampilan kepada masyarakat melalui Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahun 2024. Pelatihan dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pasbar, Hendra Putra pada Jumat (12/1), di Kantor BLK Pasbar Giri Maju, Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo.

Saat membuka pelatihan Sekda Hendra Putra meminta kepada para peserta agar mengikuti pelatihan dengan serius, karena ilmu yang diperoleh dari kegiatan itu sangat bermanfaat dan dapat diaplikasikan di dunia kerja nantinya.

“Pelatihan ini dilakukan untuk mengupgrade skill, pengetahuan, mengasah sikap, etika dan perilaku peserta, dengan tujuan menjembatani program pemerintah dalam mengentaskan pengangguran, baik disebabkan lepas pendidikan ataupun berusaha mandiri,” jelas Hendra Putra.

Selain itu, ia mengatakan bahwa pelatihan itu bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan sesuai bidang kejuruan masing-masing peserta serta meningkatkan ketrampilan masyarakat pada usia produktif yang nantinya menjadi bekal dalam kerja.

“Dengan ketrampilan yang telah dimiliki nanti, diharapkan peserta dapat menumbuhkan jiwa wirausaha mandiri serta terwujudnya kualitas sumber daya manusia yang terampil, kompeten dan produktif pada bidang masing-masing kejuruan,” katanya.

Sementara itu, Kepala UPTD BLK Pasbar Erwanzi melaporkan bahwa Acara pembukaan pelatihan berbasis kompetensi tahap 1 tahun anggaran 2024 tersebut terdiri dari tiga paket pelatihan, yakni kejuruan TIK dengan program practical office advance, kedua kejuruan teknik listrik dengan program pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana, ketiga kejuruan teknik otomotif dengan program servis sepeda motor injeksi.

“Pelatihan ini berlangsung selama 33 hari, mulai tanggal 15 Januari 2024 sampai dengan 5 Maret 2024 dengan peserta pelatihan masing-masing 16 orang perkejuruan,” jelasnya.

 

( Yulisman )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *