Turnamen Lomba Layangan di Seuneubok Baroh Berjalan Sukses

Olah raga, Sosial, Terkini281 Dilihat

Bagok Panah England, IndoViral.Id,-

Pemuda Desa Seuneubok Baroh Idi Cut Kabupaten Aceh Timur telah sukses melaksanakan Turnamen lomba Tunang Layang. Rabu, 22 Maret 2023.

Melestarikan budaya merupakan kewajiban generasi penerus dan salah satunya sebagaimana dilakukan masyarakat Seneubok Baroh Idi Cut Kabupaten Aceh Timur dengan menggelar lomba Layangan.

Acara tersebut berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 19 – 21 Maret 2023. Bertempat di lapangan bola kali Desa Seunebok Baroh. Idi Cut.

Tgk. Muhammad Yunus sekaligus mantan Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Timur memberikan tanggapan atas terlaksananya lomba Layangan ini

“Banyak cara dalam melestarikan Budaya, termasuk mengadakan perlombaan layangan dan perlombaan itu digelar untuk membangkitkan dan melestarikan kembali kearifan budaya lokal”. Ujar Tgk.Yunus

Lebih lanjut. Tgk. Yunus juga menjelaskan,

” event ini dilaksanakan dalam rangka memperingati atau menyambut bulan suci Ramadhan, sekaligus kenduri makan bersama nanti malam di Meunasah Desa Seuneubok Baroh dengan masyarakat sekitarnya yang sangat antusias menyambut dan menyaksikan acara tersebut”. Ujarnya.

Event ini disambut sangat antusias oleh masyarakat, baik tokoh Gampong, pemuda dan masyarakat secara umum bahkan kaum hawa juga turut serta menyaksikan lomba Layangan tersebut yang digaungkan sebagai ajang silaturrahmi dan hiburan masyarakat.

Ia juga berharap di even akan datang bisa di ikuti oleh seluruh desa yang ada di Idi Cutatau sekabupaten Aceh Timur, harapnya.

Ketua Panitia Adi Kopi didampingi Panglima laot Lhok Kuala Idi Cut, Herman dan ketua Pemuda Hendri mengatakan para peserta yang ikut event ini sekitar 20 orang lebih dari berbagai Dusun, baik muda dan tua dengan sistem babak penyisihan, semifinal dan grand final.

“ Dengan berakhirnya acara Turnamen Layangan ini. Panitia selain memberikan tropi dan uang pembinaan kepada para sang juara 1, 2 dan 3 totalnya jutaan rupiah,” lanjutnya

Sementara itu, Herman menambahkan kami juga berharap event ini mudah mudahan menjadi acara tahunan dalam melestarikan budaya Endatu

(Makmur/Winda/Satria/Jafar/Nasir/Jufri/Jimbrown).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *