Suatu Daerah Capai UHC, Bernat Sibarani: Ada Keuntungan yang Bisa Dicapai Masyarakat

Nasional, Terkini121 Dilihat

 

DUMAI, INDOVIRAL.ID— Universal Health Coverage (UHC) merupakan konsep reformasi pelayanan kesehatan yang mencakup jangkauan dan pemerataan pelayanan kesehatan, pemberian pelayanan kesehatan yang berkualitas dan menyeluruh bagi seluruh penduduk pada suatu wilayah. Sebagaimana yang tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, cakupan kepesertaan JKN-KIS untuk mencapai UHC adalah seluruh penduduk atau paling sedikit 95 persen dari jumlah penduduk terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Pemerintah Kota Dumai berkomitmen untuk memberikan perlindungan JKN yang seluas-luasnya kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Walikota Dumai H. Paisal, SKM., MARS., pada Oktober 2022 silam. Kini Kota Dumai sudah menjadi daerah yang menerima predikat Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan dengan capaian 97,72 persen warganya telah menjadi peserta jaminan kesehatan nasional (JKN).

Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi Kabupaten pertama di Provinsi Riau menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 100% dari Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Pemkab Kepulauan Meranti dinilai telah berhasil menjamin 100% kesehatan warganya. Penghargaan diserahkan langsung Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumbagteng Jambi, Eddy Sulistijanto Hadie kepada Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil pada 10 Oktober 2022.

Kabupaten Bengkalis salah satu lingkup wilayah kerja BPJS Kesehatan Dumai yang telah mencapai 98,05% masyarakatnya sudah tercover program JKN.

Bupati Bengkalis Kasmarni menerima penghargaan dari Gubernur Riau Syamsuar tentang Pencapaian Jaminan Kesehatan Semesta/Universal Health Coverage (UHC).

Bupati Bengkalis Kasmarni mengucapkan terimakasih kepada semua stakeholder di Kabupaten Bengkalis atas kerja sama dan komitmennya untuk memberi perlindungan jaminan kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten Bengkalis.

Kasmarni menambahkan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi fasilitas kesehatan, melalui pencapaian UHC. Diharapkan masyarakat Bengkalis dapat lebih mudah mendapatkan layanan kesehatan. Selain itu beliau berharap sinergitas dan koordinasi dengan BPJS Kesehatan terus meningkat agar bisa bersama-sama meningkatkan mutu layanan kesehatan, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat jaminan kesehatan secara optimal.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai, Bernat Sibarani mengatakan bahwa dengan UHC ini memperlihatkan komitmen dari pemerintah daerah untuk memberikan kepastian layanan kesehatan terhadap warganya.

Menjelang acara penyerahan Universal Health Coverage Award yang akan dilaksanakan Selasa (14/3/2023) besok oleh Wakil Presiden, Bernat juga menyampaikan, bahwa pencapaian UHC pada suatu daerah merupakan suatu hal yang sangat penting bagi masyarakatnya.

“Dengan Universal Health Coverage suatu daerah, ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan oleh masyarakat, seperti untuk pengaktifan kartu yang biasanya menunggu 14 hari, sekarang bagi yang didaftarkan oleh pemerintah daerahnya hanya perlu menunggu 1 hari dan itu langsung aktif,”tuturnya.

Selain itu, cakupan kesehatan semesta dinyatakan telah tercapai bila seluruh penduduk sudah memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu, baik upaya promotif, preventif , deteksi dini, pengobatan, rehabilitatif dan paliatif tanpa terkendala masalah biaya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai mengatakan, hal yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut yakni dengan secara berkelanjutan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai alur serta proses dalam mengakses pelayanan kesehatan.

(ES)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *