Silaturahmi dan Diskusi Kebangsaan Moderasi Beragama Sekaligus Buka Puasa Bersama FPK-LKKMD

Nasional, Terkini331 Dilihat

 

DUMAI, INDOVIRAL.ID— Forum Pembaruan Kebangsaan—Lembaga Kerukunan Keluarga Masyarakat Dumai (FPK-LKKMD) adakan “Silahturahmi dan Diskusi Kebangsaan Moderasi Beragama Sekaligus Buka Puasa Bersama 10 April 2023 M/19 Ramadhan 1444 H” bersama beberapa narasumber, Senin (10/4/2023) di Lantai 7 Sky Long Hotel Sonaview.

Diskusi secara resmi dibuka Walikota H Paisal, SKM., MARS. “Saya berharap wadah FPK-LKKMD ini bisa bermanfaat bagi Dumai. Pemko Dumai lewat Diskopar telah anggarkan untuk mem blow up kegiatan seni budaya 17 Suku/Paguyuban yang termasuk dalam FPK-LKKMD,” ucap Paisal.

Paisal persilahkan kepada ke-17 suku/paguyuban untuk menampilkan seni budaya di Taman Bukit Gelanggang dalam acara Semarak Panggung Budaya usai Lebaran nanti. “Dengan pertunjukan seni budaya semua suku diharap ada perputaran ekonomi dan meningkatkan kunjungan wisatawan,” kata Paisal.

Menurut data Diskopar, jumlah kunjungan wisatawan tahun 2022 hampir 1 juta orang. Untuk tahun 2023, Diskopar targetkan jumlah kunjungan 1,5 juta.

“Jadi silahkan setiap Suku/ Paguyuban untuk menampilkan keberagaman seni budaya nya. Dan kegiatannya jangan kaleng-kaleng. Harus benar-benar berkualitas”.

“Jika semua penampilan seni budaya ke-17 Suku/Paguyuban sudah bagus, kita akan patenkan di Diskopar, agar menjadi ciri khas Kota Dumai,” tutup Paisal.

Sebelumnya, Ketua Umum FPK-LKKMD Dr H Ahmad Roza’i Akbar, MH., sampaikan ucapan situasi dan kondisi kerukunan 17 Suku di Dumai. “Walau berbeda namun bisa saling mengisi dalam pembangunan,” ujar Ahmad Akbar Roza’i.

“Tidak mungkin bersama dalam berakidah, tidak mungkin bersama dalam budaya, tidak mungkin bersama dalam pendapat, itulah yang menjadikan kita indah dan kuat,” pungkas Ahmad Akbar Roza’i.

Ditengah silahturahmi dan diskusi, acara di isi dengan penyerahan SK kepengurusan FPK-LKKMD periode 2023-2028.

Berdasarkan SK Walikota Dumai No: 189.1/377/2024 Ketua Umum FPK-LKKMD di pegang oleh Dr H Ahmad Akbar Roza’i, Ketua Harian Chandra Abdul Gani (Ichan), Sekretaris Zainal Arif, S.Pi., dan Bendahara Mara Hamdan Harahap.

Kegiatan di ikuti para Ketua 17 Suku Paguyuban Kota Dumai. Sebagai narasumber hadir Dandim, Kapolres, Ka Kemenag, Ketua NU Dumai dan Ketua Forum Kebangsaan Provinsi Riau.

Menurut sensus BPS Tahun 2010; Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa, 742 bahasa/dialek, lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa.

(ES)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *