RATUSAN PENDEMO KE KANTOR KPUD PASBAR DI HALAU PERSONIL POLRES PENGAMANAN PEMILU

Uncategorized362 Dilihat

 

Sumbat,Indoviral.id – Penempatan barisan yang terkodinir masif tersusun rapi, ratusan pendemo pendukung peserta pemilu tidak mampu memasuki Kantor KPUD Kabupaten Pasaman Barat, dengan seketika di halau oleh personil pengaman pemilu Polres Pasaman Barat.

Meskipun hal tersebut sebatas Asimulasi Sispamkota dalam rangka pengaman tahapan pemilu 2024, tentunya penggelaran itu sebagai gambaran kesiap siagaan jajaran Polres Pasaman Barat dalam rangka pengamanan pemilu pada tahun 2024 mendatang.


Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basusuki S.I.K.,M.M. kamis 12/10/2023 mengatakan” hari ini kita bersama sama melaksanakan rangkaian operasi mantap brata 2024 yaitu, kegiatan Sispamkota, yang mana Sispamkota ini ada beberapa tujuan, salah satunya memberikan edukasi kepada masyarakat, dan mejamin rasa aman kepada semua peserta pemilu, pelaksana pemilu, pengawas pemilu, maupun masyarakat yang sebagian besar mengikuti tahapan pemilu ” kata Agung Basuki.

Selain itu, sesuai dengan SOP kami” kami ingin memberikan gambaran kepada masyarakat, kepada anggota, bahwa nantinya pelaksanaan juga di KPU. Di samping kita untuk menguji SOP yang sudah ada kita juga akan memberikan gambaran kepada peserta pemilu, kepada seluruh personil Polres Pasaman Barat,

” apabila terjadi nanti sesuatu hal yang tidak di inginkan, seperti simulasi tadi kita nanti sudah tau di mana posisi, apa yang akan di perbuat, dan apa yang harus di lakukan, para peraonil sudah mengetahui tugannya masing masing” tegas Agung Basuki.

Terkait dengan jumlah personil Polres Pasbar yang ada saat ini, Kapolres Agung Basuki menjelaskan, untuk saat ini personil kita berjulah 444, namun yang perlu di ketahui hanya dua pertiga kekuatan yang bisa kita gunakan, sekitar 200 kekuatan yang kita bisa buat untuk melakukan pengamanan, sehingga kita membutuhkan 300 personil lagi, dan untuk pengajuan tersebut sudah kita sampaikan ke Polda Sumatra Barat untuk penambahan ” beck up ” baik dari Brimob ataupun personil Polda” papar Agung Basuki.

Sementara itu Bupati Hamsuardi memaparkan ” di Pasaman Barat ini lebih dari seribu dua ratus TPS yang tersebar di pelosok dan kejorongan, Inayaallah kita telah melakukan beberapa upaya untuk pengamanan nanti, hingga untuk membantu pengamanan nanti ada pihak dari Polres, dari Satpol pp, dari Bimas dan dari berbagai pihak lain bahkan masyarakat juga ikut berpatisifasi, hingga nanti pemilu bisa berjalan sebagaimana yang kita harapkan ” katanya.

 

Terkait anggaran untuk pemilu nanti, Hamsuardi menyampaikan” hari ini kita baru saja dapat surat dari Mentri dalam Negri, pada anggaran yang di persiapkan sebesar 40% dari rencana anggaran dan persiapan anggaran tersebut akan kita tetapkan, mudah mudahan anggaran tersebut di sahkan” ulas Bupati Hamsuardi.

Tanggapan yang senada di sampaikan Erianto Ketua DPRD Kabupaten Pasaman barat, seperti yang di sampaikan bapak Bupati pasaman Barat, dengan adanya penegasan bahwa 40% itu harus di anggarkan di APBD perobahan tahun 2023, insyaallah nant ini kita upayakan bersama pemerintah Daerah dengan segala keterbatasan mudah mudahan ini berjalan sesuai seperti yang kita harapkan” pungkas Erianto.

YULISMAN