PT KPI RU II Dumai Lakukan Penanaman 1.000 Pohon, Hasil Dari Antusias Masyarakat Ikuti Program Sedekah Jelantah

Nasional, Terkini106 Dilihat

 

DUMAI, INDOVIRAL.ID— Melalui Program Sedekah Jelantah yang telah dijalankan sejak Juni tahun lalu, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) II Dumai bersama Pemerintah Kota Dumai melaksanakan penanaman 1.000 pohon di Pantai Puak, Kecamatan Medang Kampai, Jumat (10/03/2023).

Penanaman 1.000 pohon ini merupakan hasil dari penukaran minyak jelantah oleh masyarakat Kota Dumai pada program Sedekah Jelantah. 1 kg minyak jelantah dikonversikan menjadi 1 buah bibit pohon. Pengumpulan minyak jelantah ini adalah bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dengan berfokus pada pengolahan limbah.

Section Head Environment – HSSE RU Dumai, Arizal, menjelaskan bahwa penanaman 1000 pohon ini juga sebagai bentuk penyerapan emisi karbon.

“Program Sedekah Jelantah ini ada untuk mengajak masyarakat mengumpulkan minyak jelantah sehingga saluran air tidak tercemar oleh limbah jelantah. Jelantah yang dikumpulkan ditukarkan dengan pohon untuk Kota Dumai. Peningkatan emisi karbon harus ditindaklanjuti dengan penyerapan, dengan cara menanam pohon,” jelasnya.

Walikota Dumai diwakili Staff Ahli Bidang Hukum dan Politik, Fridarson SH., M.Si., sampaikan apresiasinya kepada PT KPI RU Dumai atas program TJSL yang telah dijalankan.

“Semoga akan banyak kegiatan seperti ini antara perusahaan dan pemerintah, untuk tujuan yang sama, yakni melestarikan lingkungan Kota Dumai tercinta,” ujarnya.

Sebelumnya, 950 bibit pohon telah ditanam disepanjang bahu Jalan Raya Arifin Ahmad Kecamatan Medang Kampai. Penanaman pada bahu jalan pinggiran Kota Dumai dimaksudkan sebagai penanda bahwa telah memasuki Kota Dumai. Sedangkan 50 bibit ditanam pada bahu jalan Pantai Puak untuk memperindah pantai wisata tersebut.

Selain dihadiri oleh Section Head – HSSE PT KPI RU Dumai dan Staff Ahli Bidang Hukum dan Politik, Fridarson, kegiatan ini diikuti pula pula oleh Camat Medang Kampai beserta jajaran Lurah Kecamatan Medang Kampai.

(Rilis/ES)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *