Penyidik Gakkum KLHK RI Turun Ke PMKS PT. GMS Duri

Nasional, Terkini304 Dilihat

 

Bengkalis – indoviral.id
Penguatan laporan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis terkait dugaan tindak pidana pencemaran lingkungan dari Limbah Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT. Gora Mandau Sawit (GMS) yang terletak di Desa Harapan Baru, Kecamatan Mandau Duri, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Penyidik dari Penegakkan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (Gakkum KLHK RI) turun ke lokasi.

Pihak Gakkum KLHK RI turun ke lokasi PMKS PT GMS juga didampingi oleh Plt Kadis DLH, Ed Effendi. Kabag Hukum Pemkab Bengkalis Mohd. Fendro Arrasyid. Sekretaris DPMPTSP M. Thaib serta Kepala Bidang Penaatan & Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Kab. Bengkalis Agus Susanto, ST, M.Si. Kabag Hukum Pemkab Bengkalis, Mohd. Fendro Arrasyid saat ditemui menyebutkan kegiatan ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Bengkalis menindak atas Dugaan Pencemaran Lingkungan dari Limbah PMKS PT. GMS.

Mohd. Fendro Arrasyid mengatakan,
Berdasarkan kewenangan Pemkab Bengkalis sudah memberikan sanksi administratif kepada pihak PT GMS, Namun terkait tindak pidana kita melaporkan kepada pihak KLHK RI dan ini juga bentuk komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan.
Kunjungan kerja ini dilaksanakan pada hari Senin (27/2/2023) kepada awak media.

Kita dari Pemkab Bengkalis sudah melakukan koordinasi dengan pihak penyidik KLHK RI atas tindakan dugaan pencemaran limbah yang dilakukan oleh pihak PT. GMS. Kita menunggu hasil dan tindak lanjut dari penyidik KLHK RI. Jadi, disini kami dari Pemkab Bengkalis bukan tidak mau bekerjasama dengan Investor. Mereka harus mengikuti regulasi yang ada dan berlaku didalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, ucapnya.

Plt Kadis DLH Kabupaten Bengkalis dan sebagai pelapor, Ed Effendi mengatakan Hari ini tepatnya Senin (27/2/2023), kita kedatangan tamu dari Tim Gakkum KLHK RI dalam rangka menindaklanjuti laporan dari kami.
Jadi Tim Penyidik dari KLHK RI dan juga kita dampingi didalam, sudah berkoordinasi dengan pihak management PT GMS yang saat ini baru ada Staff dan untuk General Manager dan Ka TU nya belum ditemukan.
Kegiatan hari ini, disampaikanya selain berkoordinasi dengan petugas PT GMS yang ada di lokasi, Pihak Penyidik Gakkum KLHK RI juga mengecek atau meninjau kondisi perusahaan. Besok, Tim dari Penyidik KLHK RI akan turun kembali kelokasi PT GMS untuk bertemu dengan GM dan Ka TU perusahaan dalam rangka tindak lanjut penyelidikan terkait dugaan tindak pidana pencemaran lingkungan.

Pihak Staf PT GMS, Eko Santoso saat dijumpai mengutarakan bahwa pihak Penyidik dari KLHK RI datang hanya mengecek lokasi dan sambil berkoordinasi dengan kami. Kita sudah menjelaskan semuanya kepada pihak penyidik KLHK RI sebatas yang diketahui dan besok akan bertemu dengan GM dan Ka TU, tutupnya.

(simon parlaungan/ Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *