Penuhi Syarat, 31 Orang WBP Rutan Sigli Jalani Litmas Dari Bapas Banda Aceh

Nasional541 Dilihat

Sigli, Indoviral.id – Tiga puluh satu orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sigli Kanwil Kemenkumham Aceh mengikuti Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) dari Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Balai Pemasyarakatan (Bapas) Banda Aceh. Selasa (12/09/2023)

Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sigli Kanwil Kemenkumham Aceh A. Halim Faisal, A.Md.IP.,S.H mengatakan,
Tiga puluh satu orang WBP yang disulkan litmas ini terdiri dari pengusulan Pembebasan Bersyarat (PB), pengusulan Cuti Bersyarat, dan pengusulan Asimilasi. Litmas merupakan kegiatan penelitian untuk mengetahui latar belakang kehidupan Warga Binaan Pemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Bapas untuk mengumpulkan data dan informasi WBP, Pembimbing Kemasyarakatan dari Bapas melakukan wawancara dan observasi untuk mengetahui latar belakang kehidupan WBP serta kegiatan WBP selama masa pelaksanaan pembinaan di Rutan Kelas IIB Sigli.

Litmas diadakan di Aula Rutan Kelas IIB Sigli yang dimulai pukul 11.00 WIB. WBP yang mengikuti litmas dipanggil satu per satu untuk dilakukan penelitian dan wawancara,” tutup Faisal.

Kasubsi Pelayanan Tahanan, Riki Apriyansah menjelaskan litmas merupakan dasar pertimbangan dari pola pembinaan yang ada di Lapas dan Rutan. “Saat ini ada tiga puluh satu WBP yang lagi mengikuti litmas untuk mendapat Asimilasi, CB, PB yang dilakukan Bapas dan selanjutnya hasil litmas tersebut akan ditindak lanjuti layak tidaknya WBP memperoleh syarat tersebut. Dengan adanya litmas diharapkan pola pembinaan akan berjalan dengan efektif dan bermanfaat bagi WBP”, ucapnya.

(Jimbroon)