Penambangan Batubara oleh Rakyat Harus Didukung dan Diselamatkan oleh Pemerintah

Nasional, Terkini407 Dilihat

 

Muara Enim, indoviral.id

Perkiraan mulai dari sejak tahun 2007 yang lalu hingga saat ini, penambangan batubara yang dilakukan oleh rakyat itu semakin terus berkembang.

Masyarakat yang berada khusus di wilayah Kecamatan Lawang Kidul dan Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan sangat terbantu dalam pengurangan pengangguran dan perekonomiannya.

Nathan sebagai Ketua Ormas Perpam (Perisai Pembela Aspirasi Masyarakat) ini mengatakan, sangat mendukung dengan adanya penambangan batubara yang dikerjakan oleh masyarakat tersebut, saat awak media minta tanggapan di kediamannya pada hari senin (3/4/2023).

Karena menurutnya, penambangan itu sangat lah membantu dalam hal mengatasi perekonomian dan pengangguran, sehingga masyarakat disana dapat bertahan hidup untuk kebutuhan rumah tangganya. Dimana saat ini dunia dalam situasi serta kondisi yang sangat sulit pasca dari pandemi Covid-19 lalu,” tambahnya.

“Saran saya sebaiknya untuk segera dilakukan FGD (Forum Group Discussion) dengan mengundang narasumber tim ahli baik di level provinsi dan nasional yang berkompeten dibidangnya terkait penambangan batubara oleh rakyat dan lingkungan hidup agar penambangan tersebut dapat berjalan sesuai dengan kaidah pertambangan sehingga tidak terjadi hal yang tidak di inginkan kemudian hari sehingga solusi dapat segera dicapai,” ungkap Nathan.

Mengenai adanya kesan tutup mata Pemerintah Kabupaten dan Aparat Penegak Hukum (APH) dalam hal penambangan batubara tersebut menurutnya, itu kurang tepat karena berdasarkan pantauan di media sosial dan di lapangan. Mereka sudah berusaha dan berupaya dengan maksimal namun belum saja menemukan jalan terbaik serta solusi yang tepat bagi masyarakat diwilayah itu,” terang Nathan kembali.

Diakhir perbincangan, berharap semoga Pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Pusat serta dibantu juga oleh para APH dengan masyarakat duduk bersama agar dapat memecahkan segera persoalan ini dengan baik sehingga tidak adanya kerugian diantara semua pihak,” harap Ketua Ormas Perpam ini.: laporan ( muhammad)