Pemkab Pasbar Melalui Disnaker Peringati Bulan K3 Nasional

Terkini250 Dilihat

 

 

Sumbar,IndoViral.id |

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) menggelar Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional di halaman kantor bupati setempat, Kamis (9/2). Kegiatan yang dibuka langsung Bupati Pasbar Hamsuardi itu dihadiri Wabup Risnawanto, Forkopimda, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Pimpinan BPJS, Pimpinan Perusahaan, Pimpinan Bank, Pengurus Serikat Kerja dan stakeholder terkait.

Bupati Hamsuardi saat membuka kegiatan itu mengucapkan terima kasih, kepada panitia penyelenggara dan kepada tamu undangan khususnya perusahaan-perusahaan yang hadir. Ia menyebutkan, pelaksanaan Peringatan Bulan K3 yang biasanya dilaksanakan di perusahaan masing-masing namun saat ini dilaksanakan di halaman kantor Bupati Pasbar.

“Hari ini kita memperingati Bulan K3 yang kita pusatkan di Simpang Empat tepatnya di halaman kantor bupati, biasanya pelaksanaan kegiatan ini di perusahaan masing-masing. Untuk itu, terima kasih banyak kepada panitia yang sudah menghadirkan perusahaan-perusahaan pada kesempatan ini,” ucap Bupati Hamsuardi.

Selanjutnya, ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh perusahaan yang memberikan perlindungan serta keselamatan dan kesehatan bagi seluruh tenaga kerja di perusahan masing-masing. Ia meminta kepada pihak perusahaan, agar bekerjasama dengan Pemda Pasbar seperti melindungi pekerja dari bahaya narkoba, menanggung jaminan kesehatan BPJS Ketenagakerjaan pekerja serta mendukung zero accident perusahaan di Pasbar.

“Terima kasih kepada bapak-bapak, sebab yang bapak ayomi adalah warga kami. Sekaligus telah memberikan peluang pekerjaan, mengurangi angka pengangguran. Perusahaan juga telah memberikan premi kepada tenaga kerja, saya berharap tahun depan diperbanyak dan diperluas wilayahnya. Khusus hari ini narkoba di Pasbar merajalela tak terkecuali bagi pekerja dengan dalih menambah stamina, saya berharap mari sepakat bersama memberantas peredaran narkoba,” tegasnya.

Bupati Hamsuardi menambahkan dengan adanya UHC atau berobat gratis bagi BPJS kelas 3, masyarakat Pasbar semakin banyak yang berobat ke pelayanan kesehatan. Seiring dengan itu, kurangnya pasokan darah semakin meningkat. Adanya kerjasama yang dijalin, diharapkan menambah pasokan darah melalui kunjungan PMI Pasbar ke seluruh perusahaan di Pasbar dengan donor darah.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Barat Nanang Sahid, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Pemkab Pasbar melalui Disnaker dalam memperingati Bulan K3 di Pasbar. Ia menyatakan kesiapannya bersama Pemkab dan BPJS Pasbar membantu program ketenagakerjaan khususnya K3.

“Dalam peraturan, memang disarankan melaksanakan berbagai kegiatan salah satunya seperti yang dilakukan di Pasbar yaitu zero accident, donor darah dan kegiatan lainnya. Selamat kepada pimpinan perusahaan yang telah melaksanakan program keselamatan kerja terutama penanganan K3. Didampingi BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan, kami siap membantu perusahaan besar kecil dan menengah,” sebutnya.

Selain itu, laporan panitia yang disampaikan Kadis Tenaga Kerja Pasbar Armen mengatakan pelaksanaan Peringatan Bulan K3 Nasional mengusung tema ‘Terwujudnya Pekerja yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan di Tempat Kerja’.

“Pelaksanaan K3 juga melaksanakan aksi donor darah yang dilaksanakan di seluruh perusahaan yang ada di Pasbar, serta pemberian penghargaan kepada perusahaan tiga tahun terakhir 2020-2023 kecelakaan nihil,” tambah Armen.

Diakhir kegiatan, dilakukan pembayaran manfaat santunan meninggal dunia akibat kecelakaan kerja dan JHT kepada ahli waris tenaga kerja asing dari PT. Gamindra Mitra Kesuma. Pembayaran manfaat jaminan kematian peserta CSR tahun 2022, dan pembayaran manfaat jaminan kematian dan beasiswa peserta karyawan PT. Bakrie Plantation.

Selain itu, dilakukan juga penandatangan MoU pencanangan bulan bhakti donor darah K3 Kabupaten Pasaman Barat dan simulasi kebakaran dari petugas pemadam kebakaran yang menggunakan mobil Damkar dan APAR serta simulasi dari PMI Pasbar.

( Yulisman )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *