Pasangkan Ulos di Pinggang Ganjar, Warga Simalungun Siap Berjuang Bersama

Uncategorized267 Dilihat

 

INDOVIRAL.ID ( SUMUT )

Sabtu 11 November 2023.
Sambutan meriah ditunjukkan warga Kota Pematang Siantar dan Simalungun, Sumatera Utara saat menyambut kedatangan Ganjar Pranowo, bakal calon presiden (Bacapres) RI 2024, Sabtu (11/11/2023).

Ganjar tiba di Museum Simalungun Kecamatan Pematang Siantar Barat, disambut Tarian Tortor Sombah. Tarian ini merupakan penghormatan untuk raja, tamu dan kerabat dekat oleh masyarakat Batak Simalungun.

Lalu, oleh Djomen Purba, tokoh masyarakat Simalungun Ganjar dihadiahi kain ulos yang diikatkan di pinggangnya. Ini sebagai simbol perjuangan.

“Pakaian adat biasanya dipakai komplit. Tapi kali ini kami beri kain ulos yang kami ikatkan ke pinggang Pak Ganjar. Ini sebagai simbol kita siap bekerja atau berjuang,” kata Djomen.

Pemberian ulos itu memberikan energi baru bagi mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu. Artinya, itu sama halnya memberikan amanah untuk bekerja dan berjuang demi Indonesia ke depan lebih baik.

Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa tidak akan menyiakan kepercayaan dan semangat masyarakat Simalungun.

“Saya baru tahu cara pemasangan berbeda. Ada yang diselempangkan, ada yang diikat. Filosofinya ternyata kalau orang mau bekerja. Mereka bilang horja. Horja artinya kerja. Dan saya diikatkan, memang memberikan semangat untuk kerja,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar menyampaikan terima kasih atas sambutan yang meriah dan terhormat.

“Dan tentu kami menyampaikan terima kasih atas sambutan yang luar biasa ini. Mudah-mudahan nanti kita bisa bertemu dengan lebih banyak masyarakat untuk mendengarkan apa yang kemudian menjadi harapan, pikiran, warga yang ada di simalungun ataupun yang ada di kota ini,” paparnya.

Sebelum kunjungan ke museum, Ganjar berdiskusi dengan sejumlah tokoh adat, ulama dan kaum milenial di sebuah kafe tak jauh dari Museum Simalungun.

H Burhan Saragih, Ketua Majelis Dzikir Simalungun mengaku bahagia bisa bertemu dengan Ganjar Pranowo. Ia yakin Ganjar bisa membawa kebaikan untuk Indonesia.

“Kami percaya Pak Ganjar orang baik, amanah dan merakyat. Mudah-mudahan menjadi presiden dan bisa bawa Indonesia lebih baik,” tandasnya.

( Rijal )