Miris,, Pasir Bercampur Tanah Digunakan Dalam Pembangunan Irigasi Dana Desa Pardinggaran Kabupaten Toba

Uncategorized185 Dilihat

 

Indoviral.id, Sumut 27/11/2023
TOBA – Pengelolaan Dana Desa Pardinggaran Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba (Sumut) rawan diselewengkan. Faktanya, menurut keterangan masyarakat bahwa pembangunan saluran air yang dibiayai oleh Dana Desa TA.2023 tersebut diduga asal jadi dan sangat rawan diselewengkan dengan memanipulatif laporan pertanggung jawabannya.

 

“ Kalau ini tidak diusut, kadesnya untung banyak itu. Dana Desa itu masuk kantong kades lumayan itu. Pasirnya saja tambang sendiri dari pinggiran Danau Toba dan banyak campuran tanah, Toko atau CV mana yang berani buat BONnya? Kita ada bukti gambar dan video dan sudah beredar di masyarakat.” kata Ibu dari suami marga Pangaribuan warga Pardinggaran.21-10-2023

Warga juga berharap pihak Inspektorat benar-benar melakukan penghitungan berapa Dana Desa untuk bangunan tersebut.

 

“ Harus dihitung dan di TGR kan berapa sebenarnya anggaran untuk insfrastruktur itu. Lalu dikurangkan dengan fisik yang ada, ya harus di TGR kan.” ungkap warga.

 

Sebelumnya, Adil Pangaribuan Kepala Desa Pardinggaran mengatakan bahwa pekerjaannya terkait pembangunan saluran irigasi tersebut sangat baik.

 

Namun, setelah video dan gambar saat pengerjaan Irigasi tersebut diterima awak media. Adil Pangaribuan saat dikonfirmasi dan ditanya terkait Video dan Poto itu, Adil memilih Bungkam tidak menjawab Wa ya awak media.

 

Dengan terbitnya berita ini, warga berharap kepada pihak Inspektorat dan kadis PMD Toba untuk melakukan klarifikasi dan turun lapangan terkait pekerjaan tersebut.

Baca Juga : Polres Tebo Laksanakan Jum’at Curhat di Desa Pinang Belai Kecamatan Serai Serumpun

Dan kepada pihak aparat penegak hukum kiranya melakukan penyelidikan terkait penggunaan Keuangan Dana Desa di Pardinggaran, sebab tidak menutup kemungkinan bahwa dalam pengelolaan Dana Desa TA 2022 dan 2023 ada praktik atau tindakan melawan Hukum, demi penyelamatan keuangan rakyat.

(Dirman s)