“MARI KITA DATANG BERAMAI-RAMAI ke SAMOSIR(Pangururan)Sumatera Utara”

Nasional, Terkini205 Dilihat

 

Mari Kita Hadiri Acara Peresmian Menara dan Sopo Partungkoan Raja Silahisabungan di Dolok Paromasan Pada Tanggal 23-25 April 2023

Samosir,Pangururan Sumatera Utara

Raja Silahisabungan merupakan anak ketiga dari Tuan Sorbanibanua dari isteri pertama (Nai Antingmalela Boru Pasaribu).Keturunan dari Silahisabungan ada 9 orang dari 3 isteri (Pinta Haomasan Boru ni Raja Nabolon Gelar Sibaso Nabolon (Boru Ni Raja Nai Ambaton ),Boru Batanghari/Matanari,dan Boru Similing Iling Boru ni Raja Mangarerak).Diyakini Raja Silahisabungan meninggal dan dikuburkan di Dolok Paromason yang juga dikenal “Sebagai Tempat Makan Para Raja Sitolu Hae Horbo (Bius Pangururan) “ di Samosir. Yaitu (1) Hae Horbonya Sitanggang (Sitanggang, Sigalingging, Malau, Sinurat), (2) Hae Horbo nya Naibaho( Naibaho Siahaan, Naibaho Sitangkaraen, Naibaho Sidauruk, Naibaho Hutaparik, Naibaho Siagian), (3) Hae Horbo nya Simbolon (Simbolon, Tamba, Silalahi, Nadeak) yg disebut juga turpuk si Opat Ina.
Pesta Peresmian Menara & Sopo Partungkoan di lokasi Makam Raja Silahisabungan napinungka ni Anggi doli nami Si Raja Tambun di Dolok Paromasan. Desa Lumban Pinggol – Pangururan, Samosir.
Sebagai wujud kecintaan akan leluhur, keturunan Silahisabungan mendirikan “Menara 5 tingkat atau Sopo Partukoan” di Dolok Paromasan Samosir. Tambak Silahisabungan di Dolok paromasan-Pangururan ini merupakan yang di-pungka (digagas pembangunannya) oleh Anggi Doli Si Raja Tambun/ Anggidoli Tambunan.Sebagai Penggagas Wesly Silalahi SE, SH, MKn, Muller Silalahi SE, MM, Sabam Robertus Silalahi SE dan yang lainnya, berharap semua pomparan Silahisabungan Jabodetabek turut serta dalam pesta rakyat ini sebagai upaya menghormati leluhur kita sekaligus pulang ke Bonapasogit. Menara Raja Silahisabungan ini diharapkan menjadi destinasi wisata baru di Samosir dan sebagai bagian upaya pemerintah mendukung Samosir sebagai Bali Baru.
Adapun serangkaian kegiatan pesta rakyat bolon ini meliputi:
– Tanggal 22 April 2023 ada atraksi paralayang, Lari/Marathon 5 KM dan stand UMKM untuk promosi produk-produk masyarakat Samosir dan Kabupaten lainnya.
– Tanggal 23 April 2023 Perayaan Paskah sekaligus Peresmian Menara dan penandatanganan Prasasti oleh Bupati Samosir dilanjutkan dengan makan Bersama (sulang bao),
– Tanggal 24 April 2023 Mangalahat Horbo dohot mangkuling ogung sabangunan
– Tanggal 25 April 2023 Rapot Bolon dohot Mangallang Sipitu Dai.
Sementara itu, ketua Panitia Pelaksana Bonapasogit, Wadiman Silalahi berharap agar warga perantau dimanapun berada bisa pulang ke kampung halaman sekaligus wisata sejarah leluhur dan melihat keindahan alam di Samosir. Mari kita dukung Pak Jokowi dengan program Samosir sebagai Bali Baru” lanjutnya. Suku atau marga yang besar adalah marga yang mengetahui sejarah dan menghormati tanah leluhur atau berkunjung ke bonapasogit. Menurut Parulian Silalahi ketua Panitia Peresmian Sopo Parsantian Raja Silahisabungan Sejabodetabek akan mengorganisir perantau Pomparan Silahisabungan Jabodetabek meramaikan acara pesta bolon ini. Kalau bukan kita siapa lagi? Generasi hebat adalah generasi yang menghargai sejarah, bonapasogit dan leluhurnya.

“Ayo Ke Samosir,ILOVE LAKE TOBA AND ILOVE SAMOSIR(PANGURURAN)SUMATERA UTARA”

PEWARTA:ROBIN SILALAHI RAJA TOLPING

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *