Launcing Penanaman Labu Siam Program Hanpangan Korem 031/WB diDuri

Nasional, Terkini386 Dilihat

 

DURI – indoviral.id
Penanaman perdana komoditas labu dilangsungkan Dandim bersama perangkat daerah yakni Bupati Bengkalis diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Toharuddin, Manajemen PT Pertamina Hulu Rokan, Pemerintah Kecamatan Mandau, Lurah Pematang Pudu, Rio Sentosa, Kanit Sabhara Polsek Mandau Iptu Zulkifli, Karang Taruna, Ormas Pemuda Pancasila, Gugus Depan Pramuka dan sejumlah pihak terkait lainnya.

Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto secara resmi launcing penanaman Labu Siam (Labu Madu). Program Ketahanan Pangan (Hanpangan) wilayah jajaran Korem 031 Wira Bima. Pada hari Rabu (12/04/2023).
Disampaikannya, instruksi Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI. Parlindungan Hutagalung, memperkuat sistem ketahanan pangan didaerah jajaran.

Instruksi dari Pimpinan yang kita tindaklanjuti penanamannya secara perdana di wilayah Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau Duri. Labu siam dipilih untuk dibudidayakan. Mengingat stabilitas harga jualnya terbilang bagus di pasaran. Komoditas ini bisa tembus ekspor ke Luar negeri dengan nilai jual lebih baik dan mengangkat taraf kesejahteraan masyarakat. Jajaran Kodim 0303 Bengkalis dapat memberi manfaat yang besar bagi masyarakat. Meredam dampak inflasi dipasar. Program berjalan baik dan dapat menghasilkan buah terbaik, menyokong kesejahteraan masyarakat. Hasil panen, bisa maksimal untuk mencukupi kebutuhan stok di pasar. Harga jualnya bisa lebih stabil bahkan cenderung mendukung daya beli masyarakat. Labu siam menghasilkan buah dengan kandungan karbohidrat, vitamin, mineral serta serat yang tinggi.

Di Indonesia, labu siam dijadikan sebagai penganan kebutuhan pokok harian, serupa dengan beras, ubi, jagung bahkan gandum. Pihaknya turut libatkan pemerintah, pemuda, cendikias akademika, warga sekitar. Memperluas minat atau wawasan bercocok tanam di masyarakat. Semoga launching hari ini dapat menjadi contoh baik bagi masyarakat dalam hal teknik penanaman, perawatan, hingga menghasilkan panen melimpah.

Budidaya labu siam bisa diikuti meluas oleh masyarakat dan memberi manfaat pada sendi perekonomian masyarakat, utamanya para Petani.
Toharuddin mewakili Bupati Bengkalis Kasmarni dan segenap masyarakat di Negeri Junjungan mengatakan, program ketahanan pangan yang dilaksanakan Korem 031/WB melalui jajaran Kodim 0303 Bengkalis sangat bermanfaat dan layak ditiru oleh masyarakat luas. Programnya sangat bermanfaat, sangat baik dicontoh masyarakat untuk menjadi sumber penghasilan tambahan. Selain itu, labu siam ini bernilai ekspor cukup tinggi. Bila dibudidayakan dengan telaten. Bisa menjadi penopang ekonomi masyarakat. Mewakili Bupati Bengkalis, kami ucapkan terima kasih atas gagasan program ketahanan pangan ini. Semoga berhasil dan panen melimpah, agar manfaatnya bisa diterima masyarakat sekitar.

Kemudian, Lurah Pematang Pudu Rio Sentosa turut bangga kepada Dandim 0303 Bengkalis dan PT PHR lantaran menjadikan wilayah kedinasannya sebagai pilot project pengembangan dan budidaya labu siam di Kabupaten Bengkalis secara umum. Ia berharap, keberadaan program Hanpangan di wilayahnya bisa menjadi literasi alami bagi masyarakat menimba ilmu sebanyak mungkin untuk dijadikan pembelajaran dalam bercocok tanam hingga menghasilkan panen-panen yang melimpah. Terima kasih Pak Dandim atas program Hanpangan yang dilaksanakan di wilayah Kelurahan Pematang Pudu ini. Kami sangat bangga dan terhormat. Masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya. Bisa belajar teknik penanaman, perawatan sampai dengan panen. Segala kebaikan dibalas Rahmat oleh Allah SWT, tutupnya.
Kegiatan itu sendiri dilaksanakan langsung dari Duri dan beberapa wilayah lainnya jajaran Korem 031/WB yang tersiar virtual lewat meeting zoom. Dihadiri oleh Pasiopsdim Kapt. Czi. Suratmin, Danramil 03 Mandau, Kapt. Arh. Jemirianto, Ketua dan Anggota Persit KCK Ranting 4 Mil 03 Mandau, jajaran dinas pertanian dan perkebunan, para pegiat dan pecinta alam serta berbagai pihak lainnya.

Reporter : simon parlaungan-Rilis