Kadis Dispertanikan Muratara Datangkan Ahli Pengendalian Hama Pohon Duku

Nasional, Terkini301 Dilihat

 

Muratara, Indoviral.Id
Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertanikan) Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) Provinsi Sumatera-Selatan, mendatangkan tenaga ahli pengendalian/Pencegahan hama pohon Duku.

 

Kedatangan tim ahli pengendalian hama Duku ini, untuk menjawab keinginan masyarakat yang sudah lama mengeluhkan kondisi pohon duku mereka yang tumbuh kerdil bahkan mati.

Di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara)tanaman Duku menjadi penunjang kehidupan.

Tak heran hampir setiap rumah warga memiliki kebun pohon Duku.

Bahkan Duku asal Kabupaten Muratara cukup di kenal di Sumsel bahkan sampai ke Nasional.

Namun seiring waktu banyak tanaman Duku yang ada di Kabupaten Muratara mengalami sakit dan mati.

“Untuk itu, kita sengaja mendatangkan ahli pengendalian hama pada pohon Duku. Kebetulan hari ini kita turun di Desa Lubuk Kemang, Kecamatan Rawas Ulu,”ungkap Kepala Dispertanikan Ade Meiri Siswi, Sabtu 18 Maret 2023.

Ia menyebut dengan adanya perlakuan demplot pengendalian penyakit Duku, besar harapan bisa menjawab semua keluhan masyarakat. Serta dapat melakukan pengendalian hama penyakit Duku sehingga tidak ada lagi pohon Duku kerdil, bahkan mati.

 

“Kita berharap Duku akan kembali mengharumkan nama baik Muratara dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat kita,”ujar Ade.

Sementara itu, Nasrun (46) salah satu pemilik kebun pohon duku mengharapkan dengan adanya tim ahli ini dapat mengobati penyakit duku.

“Apabila penyakit duku ini bisa di obati, maka kami sangat ingin memperluas kebun pohon duku. Yang sudah akan saya tambah,”jelasnya.

Jurnalis:A.Rahman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *