Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing-Parapat Telah Dibuka Gratis Untuk Lebaran

Nasional, Terkini496 Dilihat

 

Kota Medan (Sumut), indoviral.id

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat akan dibuka fungsional tanpa mengunakan suatu tarif alias gratis.
Pembukaan ruas jalan tol baru itu untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023.
Terdapat dua ruas gate to gate yang nantinya akan dibuka dan dapat dilalui oleh kendaraan,yaitu Gate Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 28,5 km dan Gate Dolok Merawan-Gate Sinaksak sepanjang 15,6 km.

“Ruas Tol Kuala Tanjung-Tebing Tingg- Parapat akan dibuka gratis. Jika sebelumnya kendaraan yang melintas di Jalan Tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi dari arah Medan hendak menuju wilayah lain seperti Kisaran atau Kuala Tanjung harus berakhir di exit Tebing Tinggi ke jalan nasional, nantinya dengan fungsionalnya jalan tol kami, maka kendaraan dapat melanjutkan perjalanannya hingga berakhir di Indrapura,” ungkap Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita, Dindin Solakhuddin, Rabu (12/4/2023).

Dindin mengatakan bahwa bahwa jalur untuk gerbang Dolok Merawan hingga gerbang Sinaksak menjadi jalur alternatif bagi para pemudik.
“Sedangkan fungsionalnya gate Dolok Merawan hingga gate Sinaksak diharapkan menjadi jalur alternatif bagi kendaraan yang melintas di jalan nasional dari arah kota Medan yang akan menuju Pematang Siantar”, ujarnya.

Adapun Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat sampai dengan saat ini masih dalam tahap konstruksi.

Meskipun demikian, setelah melalui evaluasi dan tinjauan lapangan yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kementerian PUPR serta jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Utara dalam kurun waktu dua pekan terakhir, kedua ruas gate to gate ini dinilai yang paling memungkinkan kesiapannya dari aspek keamanan dan kenyamanan untuk dapat dilintasi bagi kendaraan.

Berkaca pada momen Lebaran di tahun-tahun sebelumnya, berdasarkan informasi dari Ditlantas Polda Sumut, diprediksi mulai H-7 Lebaran tahun ini akan terjadi kenaikan volume kendaraan di jalan nasional.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka fungsional kedua ruas tol ini direncanakan mulai dibuka pada tanggal 15 April 2023 sampai dengan tanggal 2 Mei 2023 dan difungsikan dua lajur dan dua arah serta diperuntukkan hanya untuk kendaraan golongan 1 (mobil, mini bus) dengan batas kecepatan kendaraan 40-60km per jam.

“Scope pekerjaan seksi 1 Tebing Tinggi – Indrapura telah selesai konstruksinya, sehingga sepanjang jalan tol telah dilengkapi dengan perambuan, marka, guadrail dan penerangan yang memadai, namun pada area gate Indrapura yang masuk scope pekerjaan Seksi 2 masih terdapat tahap pekerjaan finishing konstruksi. Sedangkan untuk ruas gate Dolok Merawan,” jelas Dindin.

“Hingga gate Sinaksak yang masuk scope pekerjaan Seksi 4 masih terdapat titik-titik pekerjaan konstruksi yang perlu menjadi perhatian bagi pengendara yang melintas,” lanjutnya.

Sebagai informasi, Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tingg-Parapat sepanjang 143,5 km terbagi dalam enam seksi dengan progress konstruksi Seksi 1 (Ruas Tebing Tinggi – Indrapura) telah selesai dikerjakan, Seksi 2 (Ruas Indrapura-Kuala Tanjung) telah mencapai 86,09 persen.
Kemudian untuk Seksi 3 (Ruas Tebing Tinggi-Serbelawan) telah mencapai 76,49 persen, Seksi 4 (Ruas Serbelawan-Pematang Siantar) telah mencapai 62,98 persen.

Sedangkan Seksi 5 (Ruas Pematang Siantar-Seribudolok) dan Seksi 6 (Ruas Seribudolok-Parapat) merupakan ruas dukungan dari Pemerintah yang kehadirannya akan mendukung konektivitas dan meningkatkan aksesibilitas Destinasi Super prioritas(DSP)Danau Toba

(Rista)