IPA Binaan CSR PT.Pertamina Sei Pakning

Uncategorized250 Dilihat

 

Siak Kecil – indoviral.id
Bupati Bengkalis melalui ( C.Q, baca : Casu Quo) Wakil Bupati Bengkalis Dr. H. Bagus Santoso saat meninjau Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Desa Lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis. Hari Senin (6/11/2023).
Bagus mengatakan, Berkat kemuktahiran teknologi, air dari aliran sungai yang terlihat hitam dan kotor, saat ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari oleh masyarakat. Discovery dan Inovasi pengolahan air bersih oleh Kelompok Tirta Muda Binaan CSR PT. Kilang Pertamina Internasional Unit Sungai Pakning.


Bagus terpesona dan merasa bangga, ketika mengetahui di Desa Lubuk Muda ini  terdapat instalasi air bersih yang layak untuk di konsumsi.

Air yang bersumber dari sungai tersebut diolah dengan menggunakan metode penyulingan menggunakan buah kelor yang pada akhirnya dapat menghasilkan air bersih. Untuk kebutuhan masyarakat sekitar yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Bagus menyampaikan, Air yang dimanfaatkan oleh masyarakat ini sudah melalui uji lab dengan hasil Power of Hydrogen (pH) 7 sebagai indikator layak untuk diminum. Ada pengolahan yang unik. Ternyata dari air yang kotor disungai tersebut bisa diolah menjadi air bersih yang layak minum. Kita ingin kembangkan pengelolaan air bersih ini di Kabupaten Bengkalis.

Kemudahan akses air bersih ini, merubah pola hidup masyarakat setempat menjadi lebih baik dan lebih sehat, tutupnya.

Reporter : simon parlaungan
Sumber : Humas prokopim Kab. Bengkalis