HUT ke-42, Momentum Bukit Asam Melesat Melampaui Batas

Nasional, Terkini638 Dilihat

Muara enim, indoviral.id

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-42 yang jatuh pada 2 Maret 2023, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) sebagai anggota Grup MIND ID terus berupaya meningkatkan kontribusi untuk negeri dan menjaga ketahanan energi. Mengangkat tema “Raise Beyond The Limits”, Bukit Asam diharapkan dapat mengatasi semua tantangan untuk menjadi perusahaan energi dan kimia kelas dunia yang peduli lingkungan.

“Sebagaimana tema yang diusung pada edisi perayaan HUT PTBA ke-42, yaitu “Raise Beyond the Limits” ini secara makna bahwa PTBA harus lebih bisa melewati batas-batas yang ada, keluar dari paradigma bisnis yang selama ini nyaman dan hanya fokus pada bisnis eksisting. Kini sudah saatnya PTBA memiliki terobosan-terobosan untuk bisa mencapai visi PTBA secara jangka panjang melalui upaya transformasi yang saat ini sedang kita jalankan,” kata Direktur Utama PTBA, Arsal Ismail.

Arsal mengatakan, tahun 2023 adalah tahun yang penuh tantangan dan peluang. Perubahan terjadi dengan sangat cepat. Ketidakpastian global, kondisi geopolitik dunia, perkembangan teknologi, serta isu lingkungan perlu diantisipasi.

Arsal berharap seluruh Insan Bukit Asam dapat semakin solid dan tangguh dalam beradaptasi menghadapi tantangan baru, berkolaborasi memaksimalkan setiap peluang yang ada, membawa PTBA melesat melampaui batas.

“Kita jangan hanya puas dengan kondisi PTBA saat ini. Walau tahun 2022 adalah tahun yang cukup menggembirakan buat kita semua, namun jangan lah kita lengah. Saya selalu ingatkan dan mengajak rekan-rekan semua bahwa tantangan kita ke depan akan jauh lebih berat lagi. Kita masih perlu tingkatkan ketahanan bisnis kita,” ujarnya.

Karena itu, dia mengingatkan seluruh Insan Bukit Asam untuk fokus menjalankan transformasi. Mulai dari hilirisasi, percepatan monetisasi cadangan dan sumber daya batu bara, pengembangan energi baru dan terbarukan, hingga manajemen karbon.

“PTBA nantinya bukan lagi perusahaan yang hanya berfokus pada penjualan batu bara, tapi sudah lebih dari itu. Kita akan masuk ke bisnis yang benar-benar berbeda dari selama ini, yakni hilirisasi batu bara, dan energi baru dan terbarukan, serta manajemen karbon,” tegasnya.

*Capaian Positif*

HUT ke-42 Bukit Asam ini diwarnai oleh berbagai capaian positif. Perusahaan berhasil mencetak kinerja positif pada 2022. Per Kuartal III tahun 2022, Perusahaan berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 10,0 triliun. Laba bersih tersebut merupakan rekor tertinggi sepanjang sejarah Bukit Asam.

“Di tahun 2022, alhamdulillah PTBA telah berhasil mencapai target kinerja keuangan perusahaan terbaik sepanjang PTBA berdiri, suatu pencapaian yang patut kita syukuri dan kita banggakan bersama,” Arsal menuturkan.

Bukit Asam terus melakukan transformasi dan diversifikasi bisnis untuk menghadapi tantangan ke depan. Salah satu program Bukit Asam untuk mewujudkan visi tersebut adalah hilirisasi Coal to DME. Selain merupakan sumber energi baru yang lebih ramah lingkungan, implementasi DME akan mengurangi impor LPG serta memperbaiki neraca dagang Indonesia.