Hari ke-6 Lebaran Kedua, Upaya Pemadaman Karhutla di Pelintung Masih Terus Lanjut

Nasional, Terkini108 Dilihat

 

DUMAI, INDOVIRAL.ID— Tim Satgas Karhutla hingga hari ke-6, Minggu (23/4/2023), masih terus berjibaku memadamkan api yang membakar lahan perkebunan dan semak belukar di Jalan Parit Purba RT. 009 Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai.

Menurut Kepala Daerah Operasi (Daops Manggala Agni Sumatera V/Dumai, Ismail Hasibuan, saat di konfirmasi, mengatakan total luasan lahan mencapai 40 Ha.

“Luas total lahan yang terbakar sejak hari pertama terbakar, Selasa (18/4/2023), hingga hari ini mencapai 40 Ha. Kami sudah buat 5 embung sebagai sumber air,” ucap Ismail Hasibuan, Minggu (23/4).

Di sampaikan beliau, kendala pemadaman karena arah angin yang berubah-ubah dan sumber api di kedalam lahan gambut yang cukup tebal, hingga lebih dari tiga meter. Bahkan di beberapa titik ada yang sedalam 5 meter.

Selain dari Manggala Agni, Tim Satgas Karhutla juga terdiri dari Polda Riau, Polres Dumai dan Polres Bengkalis, personel TNI, Pemko, Batalyon Brimob, MPA, pihak Kecamatan/Kelurahan setempat, Regu Pemadam Dinas Pertanian, PT. Wilmar, RUJ dan PT. BBHI serta masyarakat setempat. ±150 orang terlibat langsung dalam upaya pemadaman.

BPBD Provinsi Riau turut membantu pemadaman dengan menyemai garam dari udara untuk membuat hujan buatan.

“Saat Idul Fitri 1 Syawal 1444 H (Sabtu 22/4) kemarin, usai Sholat Ied, kami hanya bersalaman dengan keluarga sebentar dan langsung bergerak ke lapangan memadamkan api,” tutup Ismail, menunjukkan komitmen dirinya memadamkan api.

(ES)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *