Ersan Tandatangani Komitmen Sukseskan Agenda Besar Pemilihan KDh dan WKDH Serentak 2024

Nasional, Terkini104 Dilihat

Duri – indoviral.id

Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis Ersan Saputra TH, menghadiri sekaligus ikut menandatangani komitmen bersama bertempat diKantor Gubernur Provinsi Riau Pekanbaru. Pada hari Senin (27/03/2022). Wujud dukungan serta komitmen Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk ikut serta menyukseskan agenda besar Pemilu Serentak tahun 2024, khususnya dalam menjamin ketersediaan anggaran kegiatan.

Rapat Komitmen bersama pembahasan persiapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Serentak 2024 diikuti oleh seluruh Sekretaris Daerah Kabupaten / Kota se-Provinsi Riau. Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan Kepala Kesbangpol se-Provinsi Riau serta di pimpin langsung oleh Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Masrul Kasmy.

Masrul Kasmy mengatakan, pelaksanaan Pilkada serentak pada November 2024 merupakan agenda besar, harus dipersiapkan sejak dini. Pilkada 2024 bersamaan antara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dengan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota maka perlu dibicarakan bersama terkait komponen biaya dan mekanisme pembiayaannya.
Sebagai Pemerintah Daerah kita harus menjamin ketersediaan anggaran pelaksanaan kegiatan Pilkada Serentak Tahun 2024 tersebut sebagaimana amanah UU no 10 Tahun 2016 pasal 166 ayat (1) dan Permendagri nomor 41 Tahun 2020 yang merupakan perubahan atas Permendagri no 54 Tahun 2019.
Penyediaan dana hibah kegiatan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Wali kota wajib di anggarkan pada TA 2023 sebesar 40% dan TA 2024 dianggarkan sebesar 60% dari besaran dana hibah yang disepakati bersama, ucapnya.

Sekda Kabupaten Bengkalis Ersan Saputra TH mengataka, rapat ini merupakan tindaklanjut surat edaran dari Menteri Dalam Negeri Nomor 900.1.9.1/435/sj. Tentang pendanaan kegiatan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024.
Hasil persiapan Pilkada serentak 2024, seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota dalam hal ini terdapat satu kata mufakat mensukseskan Pilkada menjadi Sejarah di Republik ini. Pemerintah Kabupaten Bengkalis bertekat untuk menjadikan Pilkada serentak di tahun 2024 Pilkada yang aman, kondusif dan sukses, tutupnya
Reporter : Simon Parlaungan
Sumber : Humas Prokopim Kabupaten Bengkalis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *