Divisi Humas Mabes Polri Lakukan Penguatan Manajeman Kehumasan pada Polres dan Polsek

Terkini134 Dilihat

 

DUMAI, INDOVIRAL.ID—

Menguatkan manajeman dan mengoptimalkan bagian Kehumasan, Divisi Humas Mabes Polri memberikan penyegaran dan pemahaman tentang tugas dan fungsi kemuhamasan kepolisian kepada Polres Dumai, Polres Kabupaten Bengkalis, Polres Kabupaten Kepulauan Meranti dan Polres Kabupaten Rokan Hilir beserta jajaran Polsek dari Polres yang ada di zona ini.

Peningkatan manajeman kehumasan ini sebagai upaya meningkatkan citra kepolisian di mata masyarakat yang sebelumnya tingkat kepercacayaan masyarakat terhadap institusi Polri pernah mencapai hingga 82 persen.

“Hari ini kami dari Divisi Humas Mabes Polri mengumpulkan sejumlah Polres dan Polsek terutama bidang kehumasan untuk memberikan pembekalan dan merefres kembali bidang kehumasan agar mereka bekerja dalam menciptakan Citra polisi di masyarakat dan menangkal berita-berita hoax yang saat ini banyak beredar dikalangan masyarakat terutama melalui media sosial,” ujar Kabag Pensat Ropenmas Divhumas Mabes Polri, Kombes Pol Hendra Rochmawan, Jumat (17/2/2023).

Dikatakan Kombes Hendra ada beberapa agenda seting yang sangat berat kedepan yang akan dihadapi seperti Pemilu, kesiapan polisi bebagai tantangan-tantangan di tahun 2023 ini seperti dampak ekonomi terhdap perang rusia ukraina, kemudian tantangan khusus program dari Presisden yakni program stunting dan IKN disamping yang harus dilaksanakan terutama bidang Kehumasan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Selain menjalankan tugas pokok memelihara kamtibmas,menegakkan hukum dan meningkatkan citra pelayanan pada masyarakat, personil polisi harus menghadapi progranm seting kedapan dan harus diciptakan dengan baik,” tambahnya.

Dengan adanya penguatan ini teman dari polres dan polsek diharapkan segar kembali dan refres kembali sehingga membuat agenda seting ini dan baik dan mempersiapkan dengan mereka dengan baik dan ini merupakan rebrebding kami pada masyarakat yang harus dilakukan dengan tukus iklas dan etos kerja yang tinggi diharapkan masyarakat simpati sama kami, tambahnya.

“Sebagai mitra kerja kami berharap teman-teman media memberikan kontribusi dan masukkan kepada teman-teman Polres dan Polsek. Selain sebagai mitra kerja media juga merupakan konsultan polisi dan bantu teman-teman Polres dan Polsek bagaimana meningkatkan citra kepolisian,”tambah Kombes Hendra.

Bagian Kehumasan Polres dan Polsek harus bisa merangkul teman-teman media untuk bersinergi baik dalam pemberitaan maupun peningkatan citra polisi meski kita sadari selama ini satuan intel yang banyak merangkul sejumlah pihak, namun bidang kehumasan bisa dan saya yakin bisa, lanjutnya.

“Kapolres maupun Kapolsek jangan anti terhadap media, rangkul mereka dan berijawaban kepada mereka tentang hal-hal yang mereka tanyakan. Saya yakin teman-teman media bekerja dengan profesinal. Jika memang belum dapat menjawab minta waktu kepada mereka untuk mengumpulkan bahan jawaban yang mereka butuhkan,” tegas Hendra.

Bersama-sama kita menangkal berita hoax yang ada ditengah-tengah masyarakat agar situasi kamtibmas dapat terus terjaga, imbaunya.

“Kami dari Divisi Humas Mabes Polri juga berharap personil kepolisian terutama bidang kehumasan dapat menulis berita karena sebelumnya personil yang ada juga membuat laporan sebagai tugas dan fungsinya, tinggal bagaimana laporan yang ada dapat ditulis menjadi berita sesuai dengan kaedah penulisan dan tulisan yang ada nantinya direalase kepada kawan-kawan media untuk diterbitkan ke media mereka masing-masing,” pungkas Kombes Pol Hendra.

(ES)