Diskusi Panel Bersama Penyelenggara dan Parpol

Nasional, Terkini161 Dilihat

 

Bengkalis – indoviral.id
Mewujudkan terselenggaranya Pemilu 2024 Aman damai dan kondusif. Direktorat Intelkam Polda Riau menggelar diskusi panel bersama parpol dan penyelenggara Pemilu.
Acara Diskusi panel diselengarakan pada hari Selasa (28/2). Bertempat di Hotel Pangeran, Jalan Sudirman, Kota Pekanbaru.

Wakapolda Riau Brigjen Kasihan Rahmadi SH MH mewakili Kapolda Irjen Iqbal mengatakan, Ada tiga elemen untuk mewujudkan pemilu yang aman tertib dan kondusif tahun 2024 mendatang.
Pertama, adalah bagaimana regulasi di dalam pemilu. Contohnya, bagaimana aturan memasang foto. Apakah itu sudah masuk dalam kampanye. Kemudian bagaimana kalau sosialisasi yang membawa bendera dan nomornya apakah itu sudah masuk aturan pemilu dan sebagainya.

Kemudian harus ada sebuah persiapan dan persamaan persepsi antara penyelenggara pemilu, baik dari KPU maupun peserta pemilu dan yang terutama kesiapan dari kepolisian.
Ketiga, bagaimana kesiapan dari kontestan, bukan hanya dari partainya saja tetapi bagaimana cara konsisten mengajak masyarakat dalam mengikuti pemilu yang baik dan benar.
Wakapolda menjelaskan, diskusi panel yang dilaksanakan ini merupakan sebuah ikhtiar, mengurai permasalahan seputar keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Menyamakan persepsi tentang peran kita masing-masing.

Ia berharap semuanya bisa berkontribusi dalam menciptakan situasi yang aman, damai, dan kondusif dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang.
Melalui diskusi panel faktor penyebab dan potensi gangguan keamanan terkait dengan penyelenggaraan Pemilu dapat diinventarisir dan ditemukan solusinya, ucapnya.