Dinas Kesehatan Muratara Galar Program ANC Gedor Desa Di Lubuk Kumbung

Uncategorized157 Dilihat

 

MURATARA, Indoviral.Id
Pemerintah Kabupaten Musi Rawas utara(Muratara) melalui Dinas Kesehatan menggelar Program Ante Natal Care(ANC)di desa Lubuk kumbung Kecamatan Karang Jaya,Jumat (3/11/2023).

Tujuan dilaksanakannya ANT atau pemeriksaan kehamilan terpadu guna untuk menekan angka kematian Ibu hamil.

Pelaksanaan Inovasi gedor desa pemeriksaan pada Ibu hamil dan USG gratis dilakukan oleh dr,.spesialis kandungan dalam rangka memperingati hari kesehatan Nasional ke-59 dan sesuai program Bupati Muuratara H.Devi Suhartoni dan Wakil Bupati H.Inayatullah.

“Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Muratara Tasman mengatakan,Program Ante Natal Care (ANC) atau pemeriksaan kehamilan terpadu mulai dilaksanakan sejak Ahir tahun 2023. Program yang digulirkan oleh pusat ini dimaksudkan untuk menekan angka kematian ibu hamil.

Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas utara sendiri telah mulai menerapkan pelaksanaan program tersebut pada akhir tahun ini. Melalui ANC atau pemeriksaan kehamilan terpadu, maka kelainan kehamilan atau penyakit bawaan yang diderita ibu selama mengandung bisa terdeteksi sejak dini.

“Guna dilakukan ANC ini untuk mengetahui perkembang janim sejak usia kandungan memasuki dua Minggu,”kata Tasman.

Sementara itu Camat Karang Jaya Hendri Kesuma banyak mengucapkan terima kasih Kepada Bupati Muratara H.Devi Suhartoni melalui Dinas Kesehatan, yang mana telah melaksanakan inovasi ANC tersebut,Karna kata Hendri desa Lubuk kumbung merupakan desa terpencil dalam wilayah Kecamatan Karang Jaya.

“Dengan dilaksanakan program ANC gedur desa ini sangat membantu masyarakat di desa lubuk kumbung,mengingat jarak yang begitu jauh untuk berobat ditambah lagi kondisi jalan yang sangat ekstrim,”Kata Camat Karang Jaya.

Terpisah ditempat waktu yang sama masyarakat desa Lubuk kumbung mendapat bantuan dari TNKS taman Kerinci sebelas sebesar 50 juta untuk pembelian kambing dan pembuatan kandang.yang dihadiri kepala sektor regional lima TNKS Lubuklinggau

Tujuan bantuan tersebut adalah untuk mengurang aktifitas masyarakat tani perambah hutan Karna dengan adanya bantuan tersebut akan menambah sumber penghasilan masyarakat.

Menanggapi hal tersebut,Hendri Kesuma selaku Camat Karang jaya banyak mengucapkan terimah kasih Kepada TNKS taman kerinci Sebelas semoga dengan bantuan ini dapat mengurangi beban perekonomian rakyat,sehingga masyarakat berkurang melakukan aktifitas.

“Harapan saya bantuan tersebut dapat bergulir dan berkembang biak sehingga kedepannya masyarakat tidak lagi merambah hutan,”pungkas Camat.

Jurnalis : A.Rahman.