Di Tuduh Menyerobot dan Pembakaran Lahan, H.RONI GERAM

Uncategorized206 Dilihat

 

Muara Teweh,Indoviral.id

H.Roni (55) Warga Kelurahan Lahei,Kecamatan Lahei,Kabupaten Barito Utara,Provinsi Kalimantan Tengah, Merasa Geram dengan adaNya Beredar Video tanggal 11/03/2024 yang di Muat di salah satu Media Sosial yang di Nilai Menuduh DiriNya telah Menyerobot Lahan Warga di Daerah Desa INU .
Hal ini di Ungkapkan Nya Kepada Media ini Jumat (15/03/2024).

H.Roni Menuturkan, Menyangkut Pemberitaan yang sedang Viral itu Menurut saya sangat luar biasa dan sangat Merugikan pribadi dan Keluarga Besar saya dan juga Pemilih Lahan Warga Desa Muara Inu. Kedatangan Mereka ke Lahan yang sempat Membuat Kegaduhan tidak perna Mendapatkan Izin atau Pemberitahuan dari Kami.
Ia Mengatakan Orang -orang yang ada di dalam Video Viral Tersebut yang Mengaku – aku sebagai Pemilik Lahan itu tidak benar,dan Meraka itu Bukan Warga Desa Muara Inu Meraka hanya Mengada – ada saja.
Andai saja ada permasalahan tumpang tindih Tanah segala MacamNya,ada Pemerintahan Desa atau Kedemangan dan Adat untuk PenyelesaianNya.

Menurut H.Roni Terkait Masalah Pembakaran Lahan yang disebut – Sebut Ribuan Hektar yang Terbakar ,Itu sangat tidak Benar dan itu Fitnah sangat Fitnah Luar Biasa.
Masalahnya saya Memang ada Membuka Lahan dengan Masyarakat Pemilik Lahan dan Keluarga saya sendiri secara Bertahap dan itu sudah kami lakukan kurang lebih satu setengah Tahun yang Lalu dan Rumputnya pun sudah tinggi – tinggi Semua.
Hanya saja yang terakhir ini saya ada membakar Lahan sekitar 15 Hektar dan itu pun Kami Bakar sistim Bertahap dan di jaga sekitar 35 Orang untuk Mengantisipasi supaya api tidak Menjalar ketempat yang Lain.
Perlu di Ketahui sampai sekarang pun tidak perna ada dari Warga Desa Muara Inu atau pun Desa Lain yang Keberatan.
Karna kita Memang mengikuti Petunjuk dan aturan Bagaimana Cara Membakar Lahan yang Benar.
Sebelum kita Melakukan Pembakaran Lahan saya sudah ada Pemberitahuan kepada Kepala Desa Muara Inu dan Koordinasi Juga ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang ArtiNya Mana kala ada kita di laporkan seperti ini Harusnya Mereka Konfirmasih dulu ke kepala Desa atau Pemerintah Setempat,jangan Main langsung Viral – Viral begitu karna itu dapat Merugikan Orang Banyak.

Saya Berharap dengan di Bukanya Kebun ini dapat menambah Ekonomi Masyarakat Desa Muara Inu ,Prinsip saya semua Pemilik Lahan akan saya libatkan untuk Pekerjaan tersebut seperti Menebas,Menanam,Merawat dan Hasilnya Nanti Akan kita Bagi Bersama.
Tolong di Catat Lahan yang kami kerjakan ini Bukan Hutan Belantara Melainkan Lahan Belukar bekas Tempat kami berladang dulu.
Setelah Pendemik Covid 19 Berlalu ada ide dari Masyarakat Untuk Membuka lahan Tersebut dan ide itu di sampaikan kepada saya dan saya pun siap untuk Membuka lahan Itu dengan Catatan Pemilik lahan yang Menebas,Menanam,Merawat trus HasilNya Nanti Bagi Bersama,Ini salah satu Bentuk Bantuan saya Kemasyarakat untuk Meningkatkan Tarap Ekonomi dan Kehidupan kami di Desa.Jelas H.Roni. (Zal).