DAD KALSEL PERINGATI ISRA MIRAJ 1444 H SEKALIGUS HAUL ABAH GURU SEKUMPUL KE 18

Nasional, Terkini1626 Dilihat

 

Indoviral.id
Liang Anggang Banjarbaru, Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Selatan memperingati Hari Besar Islam Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW yang dirangkai dengan Haul Abah Guru Sekumpul ke 18 di sekretariat DAD Kalsel jl A Yani km.20 komplek dua sekawan liang Anggang Banjarbaru Kalimantan Selatan 11-02-2023.

Peringatan Isra Mi’raj yang di gelar DAD Kalsel kali ini dengan Tema ” Memupuk silaturahmi Memperkuat Persaudaraan Dalam Kebersamaan tuk Menggapai Ridho Allah SWT ”
Cerminan orang Dayak yang selalu bekerjasama bersilaturahmi bergotong royong dalam setiap kegiatan walaupun berbeda Agama tetapi selalu rukun dalam kehidupan.

Acara di hadiri oleh
– Yg mewakili Gubernur Kalsel Staf Ahli bid.pemerintahan,hukum dan politik(SULKAN, SH, MM)
– Prof. DR. H. Mujiburrahman, MA (Rektor UIN Antasari Banjarmasin)
– Pimpinan Ponpes Darul Ilmi KH Imran Mahmud
– Uskup Petrus Boddeng Timang, dari keuskupan Banjarmasin.
– Romo Yohanes Tjuandi dari Banjarbaru
– Mercedes, dari cendekiawan Hindu Kaharingan.
– Mewakili Danrem 101/Antasari
– Danramil Liang Anggang Yohannes
– Mewakili Kapolres Banjarbaru
– Mewakili Kapolsek Liang Anggang
– Atiyani , SH,MH, Ketua Umum Majelis Ulama Kristen Indonesia Kalsel
– Yang mewakili Walikota Banjarbaru
1Ketua PSMTI (Paguyuban Sosial Marga Tionghoa), diwakili oleh Julkifli Tedja
– Putri, mewakili Kaban Kesbangpol Prov Kalsel
– Pengurus Laung Kuning Kalsel
– Beberapa Pengurus Perkumpulan Dayak Kalsel.
– Seluruh pengurus dan Anggota DAD Kalsel
– masyarakat / warga setempat.

Dalam sambutannya Ketua Panitia Pelaksana Nuryadi, S.Ag mengatakan ” Ucapan terima kasih kepada semua tamu undangan yang telah sudi meluangkan waktunya untuk berhadir dalam acara ini, dan tidak lupa juga kepada semua pihak yang telah bekerjasama dalam mensukseskan acara ini, dan acara ini dihimpun dari dana mandiri anggota DAD sendiri baik dia beragama Islam, protestan, katolik, Budha , Hindu, Keharingan semua berbaur bersatu untuk suksesnya acara Isra Mi’raj hari ini. Perbedaan bukan suatu halangan untuk pelaksanaan kegiatan DAD Kalsel.” Tutupnya

Peringatan Isra Mi’raj merupakan salah satu program kerja dari DAD Kalsel bidang kerohanian, bukan hanya hari besar agama Islam tetapi semua hari besar agama lainpun kita laksanakan, saling bekerjasama dengan toleransi yang tinggi itulah Dayak.NKRI harga mati tutur Ketua Umum DAD Kalsel Abdul Kadir.

Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintah Hukum dan Politik Kalsel Sulkan mengharapkan peringatan Isra Mi’raj tersebut meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT sekaligus menambah syiar Islam di Bumi Kalimantan Selatan Babusalam.
Di bulan Rajab inilah, terang dia, Nabi Muhammad SAW “di-Israkan dan Mi’rajkan” oleh Allah SWT dengan waktu yang sangat singkat.mendapatkan perintah Sholat 5 waktu.

Sementara itu, Rektor UIN Antasari Banjarmasin Prof. DR. H.Mujiburrahman mengangkat tema tentang persaudaraan di antara kita saat tausyiah.

Selain itu, Rektor UIN Antasari juga mengungkapkan pentingnya peningkatan pendidikan masyarakat Kalsel untuk menghadapi pemindahan IKN di Kalimantan Timur.
Memaknai dan menghayati bulan Rajab sebagai Milad nya ibadah sholat sehingga berharap besar agar ummat islam menggalakan sholat fardhu dengan berjama’ah.

Hikmah Haul Abah Guru Sekumpul : kiranya kita sebagai pencinta beliau hendaknya menempatkan sangka baik kpd para Ulama dan para tuan guru dengan kata lain bisa bisa meambil hati peguruan agar kebaikan dan keberkahan bisa kita rasakan dan kita dapatkan.

@(Kin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *