Cegah Osteoporosis Dengan Melakukan Gerakan Hidup Sehat

Uncategorized164 Dilihat

 

Bengkalis – indoviral.id
Zelfbestuur ( Tugas pembantuan) Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan H. Bustami HY, menghadiri senam serentak. Pada Hari Osteoporosis Nasional (HON) Tahun 2023. Diselengarakan oleh Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (PERWATUSI) Kabupaten Bengkalis. Berlokasi di lapangan tugu Bengkalis. Hari Minggu (29/10/2023) pagi.

Pidato tertulis Bupati Bengkalis, yang dibacakan Bustami. Mengungkapkan, banyak diantara kita sebenarnya tidak menyadari, osteoporosis telah menjadi ancaman besar pada diri kita saat ini. Osteoporosis atau keropos tulang ini tidak hanya diderita oleh sebagian besar wanita yang telah monopause. Bisa menyerang kita yang termasuk dalam kelompok usia muda. Mayoritas semua itu disebabkan oleh minimnya aktivitas kita di luar ruangan. Malas bergerak dan kurang beraktivitas fisik.


Bustami menerangkan, Osteoporosis bisa dicegah dengan melakukan gerakan hidup sehat, seperti melakukan aktivitas fisik secara rutin. Tidak mengkonsumsi alkohol, tidak merokok, mengkonsumsi nutrisi seimbang terutama yang mengandung kalsium dan vitamin D tinggi. Gaya hidup sehat dan aktif harus terus kita lakukan dan harus menjadi budaya. dengan mengikuti senam seperti yang kita laksanakan pagi ini.

Sejalan dengan thema HON Tahun 2023 yakni “Kolaborasi Kuatkan Tulang Indonesia”. Kami mengajak kita semua untuk untuk bersama-sama memperkuat komitmen dalam menjaga tulang kita. Mendorong upaya-upaya pencegahan osteoporosis di Negeri Junjungan ini. Rajin berolahraga secara teratur, giat melaksanakan senam osteoporosis, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Jangan lupa tetap melakukan konsultasi ke dokter atau rumah sakit.
Sebelum dimulai dilakukan Senam bersama kemudian acara dilanjutkan dengan cek kesehatan serta pencabutan undian.

Acara dihadiri oleh Ketua PERWATUSI Kabupaten Bengkalis Hj. Akna Juwita. Pimpinan BSI Bengkalis Ilham Khalid. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Bengkalis Irawadi. Peserta Senam HON dan undangan lainnya.

Sebagai wujud nyata kita bersama untuk mengkampanyekan gerakan hidup sehat, terutama dalam menggaungkan gerakan pencegahan osteoporosis bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis, tutupnya.

Reporter : simon parlaungan
Sumber : Humas Prokopim Kab. Bengkalis.