Bupati Pasbar Dianugrahi Penghargaan UHC Award Tahun 2023, yang di Jakarta

Nasional, Terkini244 Dilihat

 

Sumbar, Indoviral.id –
Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional dan memberikan perhatian yang serius terhadap pelayanan Kesehatan bagi masyarakat, per tanggal 2 Januari 2023 telah menerapkan UHC (Universal Health Coverage) atau berobat gratis di berbagai pelayanan kesehatan hanya menggunakan KTP dan KK.

Hal tersebut mendapat apresiasi dan dibuktikan dengan Penghargaan UHC Award yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian dan diterima langsung oleh Bupati Hamsuardi didampingi Kepala Dinas Kesehatan Pasbar Hajran Huda, Kepala Dinas Sosial Hermanto serta stakeholder terkait di Balai Sudirman Jakarta Selatan, Selasa (14/3).

Penghargaan UHC Award yang juga dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin tersebut diberikan kepada 22 provinsi, 334 kabupaten dan kota termasuk Pasaman Barat, yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya Cakupan Kesehatan Semesta atau UHC di Indonesia serta memiliki komitmen tinggi terhadap kualitas pelayanan kesehatan.

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi melalui Kepala Dinas Kesehatan Hajran Huda menjelaskan bahwa, UHC (Universal Health Coverage) merupakan Sistem Penjaminan Kesehatan yang memastikan warganya dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan yang menyeluruh dan terpadu baik itu promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif.

“Adapun penghargaan UHC Award ini adalah bentuk penghargaan dari negara atau Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah yang memberikan jaminan pelayanan kesehatan kepada warganya minimal 95% dari jumlah penduduknya telah dijamin pelayanan kesehatannya serta sebagai wujud komitmen Pemerintah Pasaman Barat dalam mendukung Program Jaminaan Kesehatan Nasional dan memberikan perhatian yang serius terhadap pelayanan kesehatan bagi masyarakat, dimana 95,66% penduduk Pasaman Barat telah dijamin pelayanan kesehatan dengan hanya menggunakan KTP dan KK saja bisa berobat gratis di Puskesmas, RSUD Pasaman Barat, RS Yarsi bahkan rumah sakit tingkat provinsi dan rumah sakit pusatpun bisa dilayani kalau rumah sakit daerah tidak mampu untuk melayaninya,” jelas Kadis Kesehatan Hajran Huda.

Ia juga mengungkapkan, sebelum adanya program UHC banyak warga Pasaman Barat yang terkendala untuk mendapatkan pelayanan kesehatan karena tidak memiliki biaya atau dana. Ia berharap kedepannya tidak adalagi warga Pasaman Barat yang terkendala biaya untuk berobat dan mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Kita semua pasti sangat bangga dan terharu sekali atas pemberian penghargaan ini, dimana sebelum adanya program ini masih banyak masyarakat kita terkendala untuk mendapatkan pelayanan kesehatan karena tidak ada biaya atau dana. Mudah-mudahan kedepannya bagi masyarakat yang sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan, tidak terkendala lagi untuk berobat hanya karena tidak mempunyai biaya atau dana. Dan terakhir saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Bupati, bapak Wakil Bupati, Pak Sekda, Staf Ahli, Asisten dan seluruh Kepala OPD beserta jajarannya, karena berkat bapak ibuk semualah program UHC atau berobat gratis di Pasaman Barat berjalan dengan baik dan lancar,” ungkapnya.

( Yulisman )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *