Baru Dua Tahun, Bangunan Rabat Beton Di Desa Marihat Bandar Rusak Parah

Uncategorized105 Dilihat

 

INDOVIRAL.ID ( SUMUT )

Simalungun.minggu.21.april.2024

Baru sekira dua tahun bangunan Rabat Beton sepanjang 250 meter di Desa/Nagori Marihat Bandar kecamatan Bandar, kabupaten Simalungun, rusak parah.

Bangunan rabat beton bersumber Dana Desa (DD) marihat bandar tahun anggaran 2021 itu telah mengalami rusak berat, hingga sebabkan warga kesulitan saat melintas.

Menurut warga sekitar bangunan, dilokasi jalan rabat beton yang rusak tersebut akan dilakukan pembangunan rabat beton baru oleh Kepala Desa/Pangulu marihat bandar, menggunakan DD tahun anggaran 2024.

” Rabat beton ini dibangun pake DD marihat bandar tahun 2021, padahal jalan ini tidak pernah dilewati truk bermuatan, tapi baru sekira dua tahun udah rusak parah,” sebut warga.

Warga yang enggan ditulis namanya itu mengatakan, dirinya menduga bahwa pengerjaan rabat beton tersebut tidak sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB), sehingga kondisi bangunan seperti tidak memiliki kekuatan dan mudah rusak.

” Saya menduga pengerjaan rabat beton ini dulunya tidak sesuai spesifikasi bangunan dan RAB. Tengok aja baru umur dua tahun udah rusak parah dan mau di bangun lagi. Buang – buang anggaran aja, kan masih ada lokasi lain yang belum tersentuh bangunan,” ungkapnya kesal.

Warga berharap agar pemerintah kabupaten benar – benar mengawasi penggunaan DD di setiap nagori sekabupaten simalungun, agar dana desa dapat digunakan sesuai tujuannya.

Sementara Kades atau pangulu marihat bandar Hendrik Siagian, belum dapat ditemui dan di hubungi untuk dikonfirmasi terkait baru dua tahun bangunan rabat beton bersumber dana desa telah rusak parah.

( Rijal )