Bagus Santoso: IKB Jateng Pemersatu Organasasi Paguyuban

Nasional, Terkini154 Dilihat

 

Bengkalis – indoviral.id
Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso saat memberikan kata sambutan pada acara menghadiri undangan silaturahmi dan tasyakuran 1 tahun berdirinya IKB – Jateng Provinsi Riau.

Acara ini dilaksanakan pada hari Minggu (12/3/2023), bertempat di kediaman Bapak Kasir, Jl. Garuda, Kelurahan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai, RT 05 / RW 08, Pekanbaru.

Bagus Santoso Wakil Bupati Bengkalis juga sebagai Dewan Penasehat Ikatan Keluarga Besar Jawa Tengah (IKB Jateng) Provinsi Riau. IKB Jateng menjadi sarana pemersatu organisasi paguyuban lain yang ada di Riau. Ia sangat Apresiasi istimewa untuk Ketum Pakde Urip dan jajaran IKB Jateng sangat peduli terhadap misi mulia nyambung persaudaraan melalui wadah paguyuban.

Ia menjelaskan, sesuai data jumlah komposisi etnis Jawa di bumi Riau sangat strategis. Posisinya menempati terbesar kedua setelah etnis tempatan Melayu. Ia mengajak, Mari kita niatkan bersama ambil peran turut andil memajukan pembangunan di Bumi tempat kita berpijak sekarang yaitu Riau tercinta.

Penasehat IKB – Jateng, Ketum PAMOR (Pagayuban Masyarakat Solo Riau) menambahkan selain etnis suku Jawa di Riau menempati posisi kedua terbesar setelah suku tempatan Melayu. Terbukti etnis Jawa mampu melebur beradaptasi menjadi bagian dari satu kesatuan sebagai warga Riau memiliki tanggung jawab menjaga keharmonisan serta memajukan pembangunan.

Disampaikannya, bahwa IKB Jateng dan paguyuban lainnya telah berbaur bermasyarakat dengan budayanya, dengan berpegang teguh pada bhineka tunggal ika. Orang Jawa itu harus bisa berkontribusi untuk pembangunan di bumi lancang kuning. Nyambung Seduluran itu harus kompak, makin guyub dan saling tolong menolong, ucapnya.

Fajar Surya Pratomo dalam laporan panitianya mengatakan kegiatan ini merupakan cikal bakal refleksi kita bersama dalam menyambut 1 tahun organisasi IKB Jateng.

Insya Allah 27 Mei 2023 nanti akan dilaksanakan puncak peringatan HUT IKB Jateng. Didalamnya akan kombinasikan berbagai macam kegiatan diantaranya shalwatan, wayang, campursari, kuda lumping, festival UMKM dan berbagai macam kegiatan lainnya, ucapnya.

Ketum IKB Jateng Urip Sutriyanto dalam pidatonya menjelaskan, latarbelakang terbentuknya IKB Jateng, IKB ini mewadahi keluarga Jawa yg tergabung di Provinsi Riau yang bermuara pada social dan budaya.

IKB membuka untuk semua lini, dan mengangkat ekonomi dari segala komoditi perekonomian yang ada, kuncinya satu tetap junjung tinggi budaya Melayu yang ada di Provinsi Riau, tutupnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Riau Mas Kasirb (tuan rumah), Sugiyanto, Ketum IKB Urip Sutriyanto, Pembina Paguyuban Masyarakat Solo Riau (Pamor) Pakde Tugimin, Wakil Ketua Harian IKB Jateng Fajar Surya Pratomo, DPP Perhimpunan Pemuda dan Mahasiswa Jawa Riau (PPMJR), Group Seni. Kelompok Es Dawet Riau dan undangan lainnya.

(simon parlaungan).
Sumber : Humas Prokopim Kabupaten Bengkalis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *