Ajak Masyarakat Tertib Berlalu Lintas, Polres Dumai Bagikan Helm dan Kaos

Nasional, Terkini242 Dilihat

 

DUMAI, INDOVIRAL.ID— Ajak masyarakat tertib lalulintas, Polres Dumai membagikan helm dan kaos tertib berlalu lintas kepada para pengguna jalan di Bundaran Polres Jalan Jenderal Sudirman Dumai, Jumat (10/20/2023). Aksi ini masih dalam Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023 yang berlangsung sampai 20 Februari mendatang.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K didampingi Kasat Lantas Polres Dumai AKP Akira Ceria, S.I.K, M.M dan jajarannya.

Melalui kegiatan tersebut, Satlantas Polres Dumai menghentikan pengendara sepeda motor yang berboncengan, yang tidak memakai helm.

Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K membagi-bagikan sebanyak 20 (dua puluh) helm SNI sambil memberikan edukasi secara humanis. Soal pentingnya penggunaan helm ganda bagi pengendara dan penumpang sepeda motor. Helm juga diberikan kepada anak kecil yang dibonceng motor.

Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K menjelaskan, kegiatan tersebut dalam rangka Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023. Diharapkan membantu meningkatkan kesadaran pentingnya memakai helm.

“Dalam operasi keselamatan lancang kuning, selain mengedukasi para pengendara untuk tertib berlalu lintas, Polres Dumai juga membagikan helm SNI secara gratis. Helm juga kita berikan kepada anak kecil yang dibonceng motor,” kata Kapolres Dumai.

Dijelaskan Kapolres, kesadaran mengenai keselamatan merupakan hal nomor satu. Untuk itu orang tua harus mengetahui risiko yang mungkin terjadi ketika membonceng anak dengan sepeda motor.

Menurut Kapolres, kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat, serta meningkatkan kesadaran para pengguna sepeda motor tentang pentingnya penggunaan helm saat berkendara.

Selain membagikan helm, Kapolres juga membagikan kaos tertib berlalu lintas pada pengendara yang telah tertib berlalu lintas, membagikan leaflet, dan memasang stiker sosialisasi tertib berlalu lintas kepada pengguna jalan. Lalu mengajak masyarakat untuk mematuhi peraturan dalam berlalu lintas guna terjaminnya keselamatan di jalan raya.

Lanjut Kapolres, kegiatan ini akan mengedepankan tindakan edukatif, persuasif dan simpatik, dengan sasaran utama dalam Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023 yakni menurunkan angka kecelakaan lalu lintas, menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, dan meningkatkan kesadaran, kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Saya menekankan kepada personil yang melaksanakan tugas dilapangan harus mengedepankan tindakan humanis, dan kepada masyarakat, mari bersama-sama taat dan patuhi peraturan lalu lintas,” tutup Kapolres.

Kasat Lantas Polres Dumai AKP Akira Ceria menambahkan, ada puluhan Helm SNI dan kaos tertib berlalu lintas yang diberikan secara gratis oleh Kapolres kepada pengendara dan penumpang.

Helm tersebut dibagikan dalam rangka Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023. “Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023 dilaksanakan mulai 7 sampai Februatri 2023 mendatang,” kata Kasat Lantas.

Ada 9 sasaran prioritas Operasi Keselamatan yakni tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan sabuk pengaman, melawan arus, kendaraan menggunakan knalpot brong, berkendara dengan bonceng lebih dari satu orang, berkendara melebihi batas kecepatan, berkendara dibawah umur, berkendara di bawah pengaruh alkohol dan menggunakan handphone saat berkendara.

Sementara, salah satu pengendara sepeda motor yang mendapatkan helm gratis berterima kasih kepada Polres Dumai.

“Alhamdulillah dapat helm gratis. Terimakasih Polres Dumai,” kata Syahrinaldi.

(Rilis/ES)