APEL PAGI BERSAMA KABIDHUMAS POLDA KEPRI: WUJUDKAN PELAYANAN POLRI YANG CEPAT DAN HUMANIS

Nasional116 Dilihat

 

BATAM, INDOVIRAL.ID-

Kabidhumas Polda Kepri, Kombes Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., memimpin apel pagi di Polsek Lubuk Baja dan Polsek Sagulung, Polresta Barelang. Kamis (16/1/2025). Dalam kegiatan tersebut, Kabidhumas Polda Kepri menekankan pentingnya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sebagai bentuk nyata implementasi tugas pokok Polri turut dihadiri oleh Kapolsek Lubuk Baja Kompol Rangga Primazada, S.H.,S.I.K,.M.H., Kapolsek Sagulung Iptu Rohandi Parlindungan Tambunan, S.I.P., M.A.P., Kasihumas Polresta Barelang Iptu Budi Santosa, S.H., serta personel dari Bidhumas Polda Kepri. Pada Kamis (16/1/2025).

Dalam amanatnya, Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., menyampaikan bahwa Visi Reformasi Birokrasi Polri yaitu pentingnya menguatkan Polsek sebagai ujung tombak pelayanan Polri. Polsek yang kuat akan mendukung Polres menjadi besar dalam fungsi operasionalnya, sementara Polda cukup fokus pada pembinaan wilayah. Dengan demikian, Mabes Polri dapat menjadi lembaga yang kecil namun sangat strategis sebagai pusat kebijakan dan pengawasan. “Sinergi dari struktur ini akan memastikan pelayanan yang cepat, efektif, dan berkeadilan di semua tingkatan,” Tutur Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si.

Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., mengawali kunjungan di Polsek Sagulung, menyampaikan pesan Kapolda Kepri serta salam hangat dari Wakapolda Kepri. Kapolda Kepri mengapresiasi tugas mulia yang diemban oleh anggota kepolisian dalam melayani masyarakat. Dengan jumlah personel 35 orang dan jumlah masyarakat Sagulung mencapai 258.000 (dua ratus lima puluh delapan ribu) , setiap anggota harus melayani sekitar 8.000 (delapan ribu) orang. “Hal ini hanya dapat tercapai melalui kolaborasi yang solid antara Polri dan masyarakat, serta dengan sinergi antar institusi terkait,” Ujar Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si.

Kemudian Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., juga menyoroti tantangan kriminalitas di wilayah Sagulung, mulai dari pencurian hingga penyalahgunaan narkoba. Untuk menghadapinya, Kabidhumas Polda Kepri menekankan pentingnya pelayanan prima yang responsif, transparan, dan profesional. “Pelayanan prima adalah wujud profesionalisme Polri dalam memenuhi dan bahkan melampaui ekspektasi Masyarakat dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat,” Tambah Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si.

Sementara itu, di Polsek Lubuk Baja yang memiliki populasi 85.000 jiwa, peran Polri menjadi semakin penting karena wilayah ini merupakan pusat perbelanjaan, destinasi wisata, dan investasi. Wilayah Kepulauan Riau sendiri dikenal sebagai primadona tujuan wisata dan investasi yang terus menarik perhatian nasional dan internasional berkat keindahan alam, keanekaragaman budaya, serta letak geografis yang strategis. Hal ini membuat keamanan dan kenyamanan masyarakat, wisatawan, serta pelaku usaha menjadi prioritas utama Polri, terutama dalam menciptakan lingkungan yang kondusif dan berkelanjutan.

Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., menggarisbawahi pentingnya pelayanan yang cepat, ramah, dan transparan di kedua Polsek. Konsep pelayanan prima dengan prinsip A3 yaitu _attitude, attention and action_ menjadi pedoman dalam memberikan layanan yang memuaskan masyarakat. “Tugas Polri adalah menciptakan rasa aman dengan pendekatan humanis dan profesional dengan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Kepulauan Riau,” Tegas Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si.

Lebih lanjut, Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., juga menjelaskan grand strategi Polri yang dimulai pada tahun 2005-2025 yang meliputi tiga tahapan: _Trust Building_(2005-2009), _Partnership Building_(2010-2014), dan _Strive for Excellence_(2015-2025). Polsek sebagai ujung tombak pelayanan harus menjadi kuat dengan sumber daya manusia yang kompeten dan fasilitas yang memadai. “Keberhasilan Polsek menentukan kualitas pelayanan Polri secara keseluruhan,” Ungkap Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si.

Dalam perlindungan perempuan dan anak (PPA), Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., menegaskan komitmen Polri untuk memberikan perlindungan maksimal kepada korban. Polsek, sebagai ujung tombak pelayanan, diminta menangani laporan kekerasan dengan sensitif dan profesional. Kolaborasi dengan lembaga terkait juga ditekankan untuk memastikan rehabilitasi korban berjalan optimal, Ucap Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si.

“Saya berharap agar Polsek terus meningkatkan kualitas pelayanan melalui inovasi dan kolaborasi dengan masyarakat. Pelayanan yang humanis dan berkeadilan adalah kunci bagi Polri untuk menjaga kepercayaan masyarakat sekaligus menciptakan rasa aman yang berkelanjutan,” Tutup Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H.,
(MARTUA AHMAD TAMBUNAN)