2 Orang Sebagai Kurir Sabu 75 Kg Bareng Oknum TNI Dituntut Hukuman Mati!

Nasional, Terkini129 Dilihat

Foto:Sidang Tuntutan 2 orang kurir Sabu 75 kg di Pengadilan Negeri Medan Sumatera Utara

Kota Medan Sumatera Utara, indoviral.id

Yogi Saputra Dewa dan Syahril kurir yang telah ditangkap pada saat membawa sabu 75 Kg dan 40 ribu ekstasi bersama dua orang anggota TNI jalani sidang tuntutan. Jaksa meminta kepada hakim untuk menjatuhkan hukuman pidana mati kepada Yogi dan Syahril.
Pembacaan tuntutan itu dibacakan secara bergantian oleh JPU Andalan Zalukhu yang menuntut Yogi Saputra Dewa, kemudian jaksa Tommy Eko menuntut Syahril.

“Meminta kepada majelis hakim yang mengadili dan menangani perkara ini agar menjatuhkan hukuman pidana mati kepada Yogi Saputra Dewa,” ucap jaksa Andalan saat membacakan tuntutan di PN Medan, Rabu (18/4/2023).

JPU menyebut kedua terdakwa diyakini bersalah telah melanggar pasal 114 ayat (2) UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana.

“Meminta kepada majelis hakim yang mengadili dan menangani perkara ini agar segera untuk menjatuhkan hukuman pidana kepada Syahril Bin Syamsudin dengan pidana mati,” ucapnya.

Setelah itu, penasihat hukum diberikan kesempatan oleh majelis hakim Dahlan untuk mengajukan pembelaan atas tuntutan itu pada sidang selanjutnya.

“Silahkan penasihat hukum untuk mengajukan pembelaan atas tuntutan tersebut,” kata hakim.

Sementara itu, dua orang oknum TNI yang ditangkap bersama mereka saat ini juga sedang dalam persidangan.
Oknum TNI bernama Yalpin Tarzun dan Rian Hermawan itu sedang dalam agenda keterangan saksi di Pengadilan Militer Medan.

Pada persidangan sebelumnya di PN Medan diketahui bahwa Yogi dan Syahril sudah kali kedua mengedarkan sabu sabu ke beberapa daerah. Terakhir, mereka mendengarkan sabu seberat 25 Kg Dengan upah Rp 80 juta dan Rp 50 juta.

“Sudah dua kali menjalankannya, yang pertama itu beratnya 25 Kg. Waktu itu upah saya Rp 80 juta, kalau Syahril dapat upah Rp 50 juta. Saya lupa bulan berapa, tapi masih di tahun yang sama,” ucap Yogi, Rabu (15/3).

Selain itu, di persidangan dijelaskan bahwa sabu 75 Kg dan 40 ribu ekstasi itu dijemput oleh Yalpin Tarzun dan Rian Hermawan di Tanjungbalai. Kemudian mereka membawanya ke Medan dan diberikan kepada Yogi Saputra Dewa dan Syahril untuk diedarkan mereka.

Namun, belum sempat diantar kepada Yogi dan Syahril mereka lebih dulu ditangkap oleh kepolisian dan saat itu Yalpin dan Rian diarahkan untuk bertemu dengan Yogi dan Syahril yang sudah menunggu mereka.

Saat itu Polisi menemukan adanya sabu dan ekstasi tersebut yang disimpan di dalam tas yang berada di dalam mobil milik oknum TNI Rian Hermawan.

PEWARTA;???

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *